Jawaban Topik : Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B 

Kurikulum Operasional Patuan Pendidikan (SD/ SMP/ Paket B/ SMA/ K/ Paket C)


  1. Perhatikan visi satuan pendidikan berikut: 

Mencetak lulusan yang cerdas,  Unggul dalam iptek dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila.

Berdasarkan visi di atas, maka disusunlah beberapa misi satuan pendidikan. Misi satuan pendidikan yang kurang relevan dengan visi di atas adalah …..

Jawaban : D. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan


  1. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah. 

Jawaban : A.  benar

  1. Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah …..

Jawaban : D. mempelajari dan menguraikan CP.


  1. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan ATP yang kontekstual?

 Jawaban : D. memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.


  1. Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah …..

Jawaban : D. Metakognisi. 

  1.  langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah ….

Jawaban : A. Mengidentifikasi kata kunci pada CP.


  1. Dalam pembelajaran fisika,  Bu Sarah menyusun ATP dimulai dari mengenal satuan internasional,  vektor, gerak lurus beraturan gerak lurus berubah beraturan.

Metode pengurutan yang dilakukan Bu Sarah adalah ….

Jawaban : B. Pengurutan deduktif.


  1. Bu Maria mengajar IPS di fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7- 9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih kompleks diajarkan di kelas 8 dan 9. mereka memfokuskan kelas 7 untuk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi guru kelas 7 Untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan fase ke fase D.

Metode pengurutan yang dilakukan Bu Maria dan timnya adalah ….

Jawaban : C. Pengurutan Dari muda ke yang lebih sulit




Komentar